Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Buku Teks

KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmatNya makalah ini dapat diselesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Buku Teks”, sebagai syarat untuk memenuhi tugas mata kuliah Perencanaan Penulisan Buku Teks.
Makalah ini ditulis dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai perencanaan penulisan buku teks. Dalam proses pendalaman materi ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih kami sampaikan kepada Dini Hajafiani, M.Pd, selaku dosen mata kuliah “Perencanaan Penulisan Buku Teks”, serta rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.
Demikian makalah ini ditulis, kritik dan saran yang bersifat konstruktif sangat kami harapkan demi kesempurnaan makalah kami selanjutnya.



Pontianak,   Oktober 2016


Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... .... i

DAFTAR ISI....................................................................................................... ii

A.      Judul.............................................................................................................. 1
B.       Latar Belakang............................................................................................. 1
C.      Rumusan Masalah........................................................................................ 2
D.      Tujuan........................................................................................................... 2
E.       Kerangka Teori............................................................................................ 3
1.      PengertianBukuTeks................................................................................ 3
2.      Hal-hal yang PerluDiperhatikandalamPembuatanBukuTeks................... 4
F.       Simpulan................................................................................................... .... 7
G.      Saran............................................................................................................. 7

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 8













A.      Judul
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Buku Teks
B.       Latar Belakang
Di Indonesia buku teks pelajaran pada umumnya masih dijadikan acuan pertama dalam proses pembelajaran. Bahkan di sejumlah sekolah guru dapat melaksanakan pembelajaran hanya mengacu pada buku teks pelajaran tanpa pernah melihat kurikulum. Akan tetapi guru tidak dapat menghadapi kesulitan melaksanakan pembelajaran tanpa buku teks pelajaran meskipun kurikulum tersedia. Departemen Pendidikan Nasional mengeluarkan kebijakan yang menyatakan bahwa buku teks yang dipakai di sekolah harus dipilih dari buku-buku yang telah melalui penilaian Badan Standar Nasional Pendidikan serta dinyatakan layak melalui keputusan Mentri Pendidikan Nasional.
Buku teks merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak digunakan dalam pembelajaran. Buku teks memang merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar bagi siswa yang konvensional. Dalam pembuatan buku teks tak hanya mengetahui tentang fungsi, peran tapi juga hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku teks yaitu kurikulum, sasaran/peserta didik, latar belakang bidang keilmuan penulis, peta kompetensi, tata bahasa, desain grafis dan ilustrasi, evaluasi, uji coba dan revisi, dan penerbit.
Buku teks pelajaran adalah buku yang berisi ilmu pengetahuan, yang diturunkan dari kompetensi dasar yang tertuang dalam kurikulum, dimana buku tersebut digunakan oleh peserta didik untuk belajar. Dalam  pembuatan buku teks harus disesuaikan dengan kurikulum, karena setiap kurikulum memiliki bahan ajar yang berbeda. Secara khusus, buku teks pelajaran dibedakan menjadi dua macam, yaitu buku teks utama dan buku teks pelengkap Mohammad (2010:16). Buku teks umum berisi pelajaran suatu bidang studi yang digunakan sebagai bukti pokok bagi peserta didik dan pendidik. Sedangkan buku teks pelengkap adalah buku yang sifatnya membantu atau merupakan tambahan bagi buku teks utama serta digunakan oleh pendidik dan peserta didik.
C.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan sub masalah yang kami angkat dalam makalah ini yaitu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku teks.
D.      Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan kami adalah untuk mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan buku teks.






















E.       Kerangka Teori
1.      Pengertian Buku Teks
Menurut KBBI buku adalah beberapa helai kertas terjilid berisi tulisan untuk dibaca atau yang kosong untuk ditulis. Sedangkan ajar adalah petunjuk yang diberikan kepada orang supaya diketahui (dituruti). Buku teks pelajaran adalah buku teks wajib digunakan untuk di sekolah yang memuat materi pembelajaran dalam rangka mencapai pendidikan nasional. Oleh karena itu, buku teks pembelajaran harus melalui proses penilaian yang objektif untuk menjamin mutu isi, metode pembelajaran, bahasa, dan, grafiknya. Buku teks pelajaran wajib dipakai oleh guru dan siswa sebagai acuan dalam proses belajar membelajarakan. (Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.11 thn 2005).
Bacon, 1935 dalam Tarigan, 1986:11 menyatakan bahwa“Buku teks adalah buku yang dirancang untuk penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi”. Buku teks pelajaran adalah suatu bahan ajar yang dirancang sesuai dengan kurikulum sebagai acuan dalam proses belajar mengajar.
Berdasarkan PERMENDIKNAS  No 2 Tahun 2008 pasal 1 nomor 3 menyebutkan bahwa buku teks pelajaran pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi yang selanjut-nya disebut buku teks adalah buku acuan wajib untuk digunakan di satuan pendidikan dasar dan menengah atau perguruan tinggi yang memuat materi pembelajaran dalam rangka peningkatan keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, dan kepribadian, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan kepekaan dan kemampuan estetis, peningkatan kemampuan kinestetis dan kesehatan yang disusun berdasarkan standar nasional pendidikan.




2.      Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Buku Teks.
Dalam pembuatan buku teks adapun hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut.
a.         Kurikulum
Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelanggaraan pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yagn akan diberikan kepada peserta pelajar dalam satu periode jenjang pendidikan.Buku teks pelajaran yang ditulis harus mengacu pada kurikulum yang sedang berlaku. Penulis harus memahami isi kurikulum terlebih dahulu, materi, pokok bahasan, dan sub pokok bahasan apa yang tercantum di dalam kurikulum. Buku yang mengacu pada kurikulum, biasanya pasti dimanfaatkan oleh sekolah untuk mencapai tujuan instruksional, sehingga penulis tidak sia-sia menulis buku teks pelajaran tersebut.
b.         Sasaran/Peserta Didik
Sasaran dari penulisan buku teks pelajaran adalah peserta didik. Oleh karena itu, penulisan buku teks pelajaran harus disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik, seperti rentang usia dan jenjang pendidikannya, lingkungan sekitar, dan lain-lain. Dengan demikian, peserta didik akan merasa tertarik untuk belajar dengan buku teks pelajaran.
c.         Latar Belakang Bidang Keilmuan Penulis
Penulis sebaiknya menulis buku teks pelajaran sesuai dengan bidang ilmu yang dikuasainya. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan penulis dalam mengembangkan naskahnya. Jika penulis merasa kesulitan, maka penulisan dapat dibantu oleh ahli materi lain. Dengan adanya kerjasama dengan ahli lain, maka penulis akan mendapat kritik dan saran dari berbagai pihak guna meningkatkan kualitas hasil tulisannya.


d.        Peta Kompetensi
Penulis harus membuat peta kompetensi guna membantu dalam mengembangkan dan menyusun naskahnya. Peta kompetensi dibuat berdasarkan kompetensi apa yang akan dicapai oleh peserta didik, dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Dengan adanya peta kompetensi, materi yang disajikan oleh penulis dalam buku teks pelajaran yang ditulisnya akan tersususn secara sistematis.
e.         Tata Bahasa
Penulis harus mampu mengemas materi dengan bahasa yang sederhana atau tidak bertele-tele, sehingga mudah dipahami oleh peserta didik. Bukan berarti menggunakan bahasa sehari-hari. Bahasa Indonesia yang digunakan harus baik dan benar dan disesuaikan dengan perkembangan peserta didik. Olah kembali jika terdapat bahasa terjemahan agar mudah dipahami, hindari terjemahan ‘google translate’. Lengkapi dengan glosarium untuk istilah-istilah tertentu, guna membantu peserta didik dalam memahami arti dari kosakata asing yang dirasa baru. Setidaknya ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan buku teks pelajaran berbahasa Indonesia: (1) Kaidah Bahasa Indonesia yang digunakan adalah ejaan yang disempunakan (EYD); (2) penerapan kaidah ejaan; dan (3) penggunaan tanda baca.
f.          Desain Grafis dan Ilustrasi
Buku teks pelajaran termasuk media cetak yang membutuhkan grafis dalam proses pembuatannya. Desain grafis buku teks pelajaran termasuk di dalamnya adalah pemilihan huruf, tabel, ilustrasi, warna, dan lain-lain yang berkaitan dengan tampilan grafis. Grafis buku teks pelajaran harus didesain agar dapat menarik perhatian peserta didik untuk membaca buku teks pelajaran tersebut. Desain grafis buku teks pelajaran yang kurang baik, akan dihindari oleh peserta didik karena cenderung membosankan, seperti buku yang penuh dengan teks dan tidak ada gambar. Gunakan ilustrasi atau gambar yang relevan, guna memperjelas materi yang disajikan. Ilustrasi tidak sekedar untuk memperjelas suatu materi, tetapi untuk menarik perhatian peserta didik juga. 4 hal yang perlu diperhatikan dalam tampilan dan grafis buku teks pelajaran, di antaranya: (1) Format buku teks pelajaran didesain agar enak dibaca oleh peserta didik; (2) tata letak didesain untuk mempermudah peserta didik memahami isi buku dan mendapatkan kenyamanan membaca; (3) tipografi menyangkut nama dan jenis huruf, panjang baris, dan ukuran huruf; (4) ilustrasi digunakan agar sajian visual yang tidak mungkin disampaikan dengan kata-kata, dapat disajikan dengan gambar. Alangkah baiknya jika ilustrasi ditampilkan dalam bentuk foto-foto yang berwarna.
g.         Evaluasi, Uji Coba, dan Revisi
Sebelum diterbitkan dan digunakan secara luas, buku teks pelajaran harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu guna mengetahui kelayakannya. Evaluasi buku teks pelajaran dilakukan oleh ahli materi, desainer pembelajaran, dan editor. Ketiga pihak dapat memberi kritik dan saran yang membangun tentang buku teks pelajaran tersebut. Setelah evaluasi, dilakukan uji coba kepada kelompok kecil sasaran atau peserta didik. Kelompok kecil peserta didik ini memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda (cerdas, sedang, dan kurang). Revisi dilakukan berdasarkan hasil uji coba.
h.         Penerbit
Kirimkan naskah yang telah dibuat kepada pihak penerbit untuk diterbitkan secara luas. Selama proses penerbitan buku, penulis harus senantiasa menjalin komunikasi dengan pihak penerbit guna memantau perkembangan buku teks pelajaran yang ditulisnya.





F.       Simpulan
Buku teks pelajaran adalah suatu bahan ajar yang dirancang sesuai dengan kurikulum sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Dalam pembuatan buku teks adapun hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu;
1.      Kurikulum, Penulis harus memahami isi kurikulum terlebih dahulu, materi, pokok bahasan, dan sub pokok bahasan apa yang tercantum di dalam kurikulum.  
2.      Sasaran/Peserta Didik, Sasaran dari penulisan buku teks pelajaran adalah peserta didik.
3.      Latar Belakang Bidang Keilmuan Penulis, Hal ini dimaksudkan agar memudahkan penulis dalam mengembangkan naskahnya.
4.      Peta Kompetensi, materi yang disajikan oleh penulis dalam buku teks pelajaran yang ditulisnya akan tersususn secara sistematis.
5.      Tata Bahasa, ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan buku teks pelajaran berbahasa Indonesia: (1) EYD, (2) penerapan kaidah ejaan dan (3) penggunaan tanda baca.
6.      Desain Grafis dan Ilustrasi, Desain grafis buku teks pelajaran termasuk di dalamnya adalah pemilihan huruf, tabel, ilustrasi, warna, dan lain-lain yang berkaitan dengan tampilan grafis.
7.      Evaluasi, Uji Coba, dan Revisi, Sebelum diterbitkan dan digunakan secara luas, buku teks pelajaran harus melalui beberapa tahapan terlebih dahulu guna mengetahui kelayakannya dengan cara dievaluasi, uji coba dan revisi.
8.      Penerbit, Selama proses penerbitan buku, penulis harus senantiasa menjalin komunikasi dengan pihak penerbit guna memantau perkembangan buku teks pelajaran yang ditulisnya.
G.      Saran
Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, penulis dan dapat   dijadikan sebuah referensi selanjutnya.




DAFTAR PUSTAKA

Fikarsul10. (2012). Makalah-Penulisan-Bahan-Ajar-dan-Buk-Teks. [Online]. Tersedia: http://fikarsul10.blogspot.com. Html (04 Oktober 2016).

Fauzi, Ahmad. (2014). Penulisan Bahan Ajar dan Buku Teks Pelajaran.

[Online]. Tersedia: http://AhmadFauzi.blogger.com. Html (04 Oktober 2016).

Comments

Popular posts from this blog

Materi Tentang Tes Pilihan Ganda Beserta Contohnya

Jenis-jenis Buku Teks