Jenis-jenis Buku Teks

KATA PENGANTAR

Puji syukur  ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatNya makalah ini dapat diselesaikan sesuai yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas tentang buku teks dan jenis-jenis buku teks, Sebagai syarat untuk memenuhi tugas  mata kuliah Perencanaan Penulisan Buku Teks.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman tentang buku teks didalam mata kuliah Perencanaan Penulisan Buku Teks, dalam proses pendalaman materi ini, tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih kami sampaikan kepada ibu Dini Hajjafiani, M.Pd selaku dosen pengampuh mata kuliah Perencanaan Penulisan Buku Teks, serta rekan-rekan mahasiswa yang telah banyak memberikan masukan untuk makalah ini.
Demikian makalah yang kami buat, kritik dan saran yang bersifat konstruktif  serta membangun sangatlah kami harapkan demi  kesempurnaan makalah kami selanjutnya.



Pontianak,   Oktober  2016


Penulis








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR................................................................................... .... i

DAFTAR ISI....................................................................................................... ii

A.      Judul.............................................................................................................. 1
B.       Latar Belakang............................................................................................. 1
C.      Rumusan Masalah........................................................................................ 1
D.      Tujuan........................................................................................................... 1
E.       Kerangka Teori............................................................................................ 1
a.       Buku Teks................................................................................................ 1
b.      Jenis-Jenis Buku Teks............................................................................... 5
F.       Simpulan................................................................................................... .... 8
G.      Saran............................................................................................................. 8

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 9













A.      Judul
Jenis-jenis Buku Teks

B.       Latar Belakang
Buku memiliki peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Buku merupakan salah satu sumber bahan ajar. Ilmu pengetahuan, informasi, dan hiburan dapat diperoleh dari buku, oleh karena itu, buku merupakan komponen wajib yang harus ada di lembaga pendidikan baik lembaga pendidikan formal maupun nonformal. Lembaga pendidikan merupakan tempat dilaksanakannya pembelajaran sebagai proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
Buku merupakan sumber belajar yang praktis mengingat penggunaannya yang fleksibel, pemeliharaan yang murah serta ketersediannya yang mudah. Penggunaan buku tidak dibatasi waktu, tempat, maupun usia pengguna namun tetap ada ketentuan dalam penyusunan maupun penggunaannya. Hal tersebut menjadikan buku dapat digunakan sebagai sumber belajar yang tidak hanya digunakan di sekolah saja. Ada beberapa jenis buku yang dapat dipersiapkan dalam pengajaran. Salah satu dari jenis buku tersebut adalah buku teks.

C.      Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah, sebagai berikut :
1.         Apa definisi dari buku teks?
2.         Apa saja jenis - jenis buku teks?

D.      Tujuan
Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan, sebagai berikut :
1.         Mendeskripsikan definisi dari buku teks.
2.         Mendeskripsikan jenis - jenis buku teks



E.       Kerangka Teori
a.         Buku Teks
Buku teks merupakan buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran (Tarigan, 2010). Lange (1940) menyatakan bahwabuku teks adalah buku yang dirancang buat penggunaan di kelas, dengan cermat disusun dan disiapkan oleh para pakar atau para ahli dalam bidang itu dan diperlengkapi dengan sarana-sarana pengajaran yang sesuai dan serasi.Jadi buku teks merupakan sumber belajar yang sangat penting untuk mendukung tercapainya kompetisi yang menjadi tujuan pembelajaran.
Buku teks diperlukan guna menunjang kegiatan pembelajaran. Guru diharapkan mampu memilih buku teks yang sesuai untuk siswanya. Menurut Oh dalam Ho dan Hsu (2011: 93) untuk membuat pilihan terbaik, guru harus benar-benar mengevaluasi buku teks potensial, kriteria tersebut diantaranya:
1.         Kriteria penerbit - Penerbit adalah faktor penetu pada sat buku dicetak, dalam sebuah prosedur penerbitan biasanya terdapat penyunting yang terkadang tidak memiliki kapabilitas mengenai apa yang disunting. Dalam kasus biasnaya guru harus memeriksa reputasi penerbit dan penulis buku teks profesional di bidangnya masing-masing. Selain itu, biaya buku teks dan kemampuan penerbit logistik, sistem distribusi, dan layanan pelanggan.
2.         Kriteria Fisik - Kriteria yang berkaitan dengan fisik karakteristik buku teks pelajaran, seperti desain cover, tata letak teks, ukuran cetakan, kualitas pencetakan, kualitas kertas, berat buku dan daya tahan.
3.         Kriteria Isi - Buku teks harus dipilih untuk memajukan tujuan pendidikan sekolah, sesuai dengan kebutuhan siswa dan berkontribusi terhadap kontinuitas dan integrasi kurikulum. Buku teks yang baik juga membawa guru dan siswa melalui pengalaman belajar. Selain itu, isi harus akurat dan tepat, dan secara teratur direvisi untuk memenuhi perubahan kondisi.
4.         Kriteria Instruksi - Sebuah buku yang baik melengkapi instruksi guru, seperti buku panduan instruksional, panduan kegiatan kelas, buku kerja, audio / komponen visual, dan penilaian paket harus dirancang secara hati-hati dan diberikan kepada guru bersama dengan buku teks.

Kriteria tersebut mencakup eksternal dan internal buku. Pendapat lain yang mendukung hal tersebut adalah Maman (2010: 4-6) menyebutkan terdapat tujuh kriteria dan prinsip yang berlaku dalam penulisan buku teks pelajaran, yaitu.
1.         Buku pelajaran haruslah memiliki landasan sudut pandang yang jelas dan mutakhir. Buku teks pelajaran yang baik adalah buku yang memiliki suatu sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai suatu pengajaran dan buku yang memperagakan sesuatu bahan pengajaran secara aplikatif.
2.         Buku pelajaran haruslah berisi materi yang memadai. Buku pelajaran yang baik adalah buku pelajaran yang menyajikan materi yang kaya, bervariasi, mudah dibaca, serta sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Dampak dari buku yang demikian adalah menjadi sumber pemecahan masalah akademis, memicu peserta didik untuk membaca, menyenangkan, menstimulasi, kreativitas anak, dan sebagainya.
3.         Buku teks pelajaran haruslah berisi materi yang disusun secara sistematis dan bertahap. Sistematis dalam arti materi disajikan dengan memperhatikan kemudahan pemahaman pesertaa didik dalam hal penjelasan, penggambaran, dan pengorganisasian disusun secara sistematis; pengungkapan dilakukan secara lugas (tidak berbelit-belit); istilah diberi penjelasan atau contoh; penggunaan kata dan istilah dalam bahasa asing atau bahasa daerah yang tidak relevan dihindari; penyajiannya mendorong keaktifan peserta didik untuk berpikir dan belajar dengan cara bervariasi; menantang peserta didik untuk mencari sumber-sumber belajar lain diikuti dengan sumber rujukan yang lengkap.  Bahan kajian yang berkaitan dihubungkan satu sama lain secara terpadu, baik intrapelajaran maupun interpelajaran. Penempatan pelajaran dalam keseluruhan buku dilakukan seara tepat. Bertahap dalam arti materi yang disajikan diperhatikan dari segi urutan, seperti dari mudah ke sulit, dari sederhana ke rumit, dari umum ke khusus, dari bagian ke keseluruhan, dan sebagainya.
4.         Buku teks pelajaran haruslah berisi materi yang disajikan dengan metode dan sarana yang mampu menstimulasi siswa untuk tertarik membaca buku. Misalnya disajikan dengan gambar yang mampu merangsang siswa untuk menemukan jawaban dari sebuah latihan, memperkonkret jawaban pengetahuan siswa, dan memungkinkan siswa untuk membuktikannya di lingkungan sekitar atau melatih penelitian sederhana.
5.         Buku pelajaran haruslah berisi materi yang mendalam sehingga memungkinkan siswa terbantu di dalam memecahkan masalah-masalah akademis yang dihadapiya. Misalnya, pada saat peserta didik mengerjakan tugas, kedalaman pengerjaan atau pemecahan masalah terakomodasi oleh buku, baik disebabkan buku itu memuat hal yang diperlukan siswa atau adanya petunjuk untuk mendapat rujukan-rujukan yang memungkinkan masalah itu terpecahkan.
6.         Buku pelajaran haruslah berisi alat evaluasi yang memngkinkan siswa mampu mengetahui kompetensi yang telah dicapainya. Tingkat pencapaian kompetensi dapat dijadikan umpan balik bagi siswa apakah harus memperdalam lagi bahan tersebut atau melanjutkan kepada bahan lainnya yang lebih tinggi.
7.         Buku pelajaran haruslah berisi bahan yang memungkinkan siswa memiliki kesempatan untuk menggelitik mata hatinya atas hal yang telah dipelajari. Manfaat yang diperoleh peserta didik setelah membaca dan berlatih merupakan pernyataan yang sebaiknya muncul pada peserta didik. Dengan kata lain, alat ini dapat dijadikan bahan refleksi peserta didik atas segala masalah akademis yang selama ini dipelajarinya.
Sejalan dengan kedua pendapat di atas, Tarigan & Tarigan (2009: 22) buku teks atau buku ajar yang ideal adalah buku yang memenuhi kriteria berikut:
  1.  Mempunyai landasan, prinsip, dan sudut pandang tertentu yang melandasi konsep-konsep yang digunakan dalam buku teks harus jelas.
  2.  Relevan dengan kurikulum.
  3. Menarik minat pembaca yang menggunakannya.
  4. Mampu memberi motivasi kepada para pemakainya.
  5. Dapat menstimulasi aktivitas siswa.
  6. Membuat ilustrasi yang mampu menarik penggunaannya.
  7. Pemahaman harus didahului komunikasi yang tepat.
  8. Isi menunjang mata pelajaran lain.
  9. Menghargai perbedaan individu.
  10. Berusaha memantapkan nilai yang berlaku dalam masyarakat.
  11.  Mempertimbangkan aspek linguistik sesuai dengan kemampuan siswa yang memakai. 
  12. Menggunakan konsep yang jelas sehingga tidak membingungkan siswa.
  13.  Mempunyai sudut pandang (point of view) yang jelas.

Berdasarkan ketiga pendapat diatas, kriteria buku teks yang baik diantaranya adalah sesuai dengan tujuan belajar dan relevan dengan kurikulum yang berlaku. Oleh karena itu, dalam penyajian buku teks yang sesuai dengan kurikulum 2013 hendaknya mencantumkan tujuan belajar yang tercantum dalam KI dan KD. Selain itu juga harus relevan dengan dengan kurikulum 2013 yang mengedepankan proses pembelajaran berbasis scientific approach dan penilaian berbasis authentic assessment.

b.        Jenis-Jenis Buku Teks
Di lingkungan Sekolah Menengah Atas dikenal beberapa nama buku teks. Misalnya buku teks dalam mata pelajaran bahasa dan Sastra Indonesia, Sejarah, fisika, Kimia, Matematika, dan sebagainya. Di tinggi ada berbagai jenis buku teks. Di jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, sebagai contoh, kita kenal buku teks matakuliah Tata Bahasa (Sintakis dan Morfologi), Menyimak, Membaca, Apresiasi Sastra, dan sebagainya. Di samping itu kita juga mengenal istilah lain seperti buku teks tunggal, buku teks berjilid dan buku teks berseri. Karena itu dapat kita simpulkan bahwa buku teks mempunyai aneka jenis atau ragam.
Surahman dalam Fella (2014) secara umum membedakan buku menjadi empat jenis, yakni:
1.         Buku sumber, yaitu buku yang biasa dijadikan rujukan, referensi, dan sumber untuk kajian ilmu tertentu, biasanya berisi suatu kajian ilmu yang lengkap.
2.         Buku bacaan, adalah buku yang hanya berfungsi untuk bahan bacaan saja, misalnya cerita, legenda, novel, dan lain sebagainya.
3.         Buku pegangan, yaitu buku yang bisa dijadikan pegangan guru atau pengajar dalam melaksanakan proses pengajaran.
4.         Buku buku teks, yaitu buku yang disusun untuk proses pembelajaran, dan berisi bahan-bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan. 

Menurut pengamatan penulis ada empat dasar atau patokan yang digunakan dalam pengklasifikasian buku teks. Patokan-patokan itu adalah:
1.          Berdasarkan mata pelajaran atau bidang studi (terdapat di SD, SMTP,SMTA).
2.          Berdasarkan mata kuliah bidang yang bersangkutan (terdapat di perguruan tinggi).
3.          Berdasarkan penulisan buku teks (mungkin di setiap jenjang pendidikan).
4.          Berdasarkan jumlah penulis buku teks.

Dari segi cara penulisan buku teks dikenal tiga jenis buku teks. Ketiga jenis itu adalah:
1.         Buku Teks Tunggal
Buku teks tunggal ialah buku teks yang hanya terdiri atas satu buku saja. Berikut ini didaftarkan beberapa contoh buku teks tunggal, antara lain:
a.         Kerap, Gorys, 1973, Tatabahasa Indonesia Untuk SLA, Ende Flores, Nusa Indah.
b.         Ramlan, M. 1983, Sintaksis, Joyakarta: CV Karyono.
c.          Samsuri, 1985, Tata Kalimat Bahasa Indonesia, Jakarta; Sastra Hudaya.
d.         Sudaryanto, 1983, Predikat-Objek Dalam Bahasa Indonesia, Jakarta: Penerbit Djambatan.
e.          Tarigan, Henry Guntur, 1984, Prinsip-Prinsip Dasar Sintaksis, Bandung: Penerbit Angkasa.
f.          Tarigan, Henry Guntur, 1985, Pengajaran Ejaan Bahasa Indonesia, Bandung: Penerbit Angkasa.
g.          Tarigan, Henry Guntur, 1985,Pengajaran Gaya Bahasa, Bandung: Penerbit Angkasa.
h.         Tarigan, Henry Guntur, 1983, Berbicara, Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Penerbit Angkasa.
i.           Tarigan, Henry Guntur, 1983, Membaca, Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung, Penerbit Angkasa.
2.         Buku Teks Berjilid
Buku teks berjilid ialah buku pelajaran pelajaran untuk satu kelas tertentu atau untuk satu jejang sekolah tertentu. Berikut ini didaftarkanbeberapa contoh buku teks bejilid seperti:
a.         Depdikbud, 1981, Bahasa Indonesia I, II dan III, Jakarta: Proyek Pengadaan Buku Pelajaran, perpustakaan & Keterampilan SLU.
b.         Alisyahbana, Sutan Takdir, 1975, Tata Bahasa Baru Bahasa Indonesia I dan II,Jakarta: Dian rakyat.
c.          Badudu, Y.S. , Sari Kesustaraan Indonesia Idan II, Bandung: Pustaka Prima.
d.         Jassin, H.B. , Angkatan 66 Prosa dan Puisi I dan II, Jakarta: Gunung Agung.


3.         Buku Teks Berseri
Buku teks berseri ialah buku pelajaran berjilid mencakup beberapa jenjang sekolah, misalnya dari SD-SMP-SMA. Berikut ini disajikan satu contoh buku teks berseri.
a.         Tarigan, Henry Guntur dan Djago tarigan, 1985, Terampil Berbahasa indonesia, ( untuk SD-9 jilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
b.         Tarigan, Henry Guntur dan Djago tarigan, 1985, Terampil Berbahasa indonesia, ( untuk SMP-6 jilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
c.          Tarigan, Henry Guntur dan Djago tarigan, 1985, Terampil Berbahasa indonesia, ( untuk SMA-6 jilid), Bandung: Penerbit Angkasa.
F.       Simpulan
Buku teks merupakan buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar, yang disusun oleh para pakar dalam bidang itu untuk maksud dan tujuan instruksional, yang dilengkapi sarana-sarana pengajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran.
Ada beberapa jenis buku teks dalam pengklasifikasian yaitu Berdasarkan mata pelajaran atau bidang studi, Berdasarkan mata kuliah bidang yang bersangkutan, Berdasarkan penulisan buku teks, Berdasarkan jumlah penulis buku teks. Adapula jenis buku teks berdasarkan cara penulisannya yaitu Buku Teks Tunggal, Buku Teks Berjilid, Buku Teks Berseri

G.      Saran
1.         Penulis berharap pembaca dapat meningkatkan pemahaman tentang Buku Teks.
Penulis berharap penulis lain dapat mengembangkan tulisan ini dengan metode dan teori-teori yang berbeda.






DAFTAR PUSTAKA

Almuqontirin. (2013). Telaah Buku Teks. (online) http://almuqontirin.blogspot.co .id/2013/04 / telaah-buku-teks.html (2 oktober 2016)

Dahlan, Ahmad. (2015). Kriteria Buku Teks Pelajaran. (online) http://www.eure kapendidikan.com/2015/05/kriteria-buku-teks-pelajaran.html (2 oktober 2016)

Comments

Popular posts from this blog

Materi Tentang Tes Pilihan Ganda Beserta Contohnya

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Buku Teks